Ingin Merasa Lega? Kita Bikin Desktop Windows 10 Jadi Rapih

Kita semua pasti menyukai bentuk penataan desktop yang rapih. Tapi sejak negara api menyerang, desktop menjadi porak-poranda. Tapi gak perlu khawatir, kali ini kita akan sharing tips-tips bagaimana biar desktop Windows 10 rapih tapi masih fungsional. Let’s get started.

Waktu masih baru, dijamin desktop akan terlihat indah dengan pemandangan wallpapper favorit yang buat kita betah berlama-lama memandang. Bahkan sampai lupa kerja. Namun lama-kelamaan, mulai tuh penuh icon aneh-aneh antara dari install software atau males aja milih tempat save untuk file sampe ujung-ujungnya save di desktop sampe keindahan dari wallpaper yang udah kamu pilih jadi terganggu oleh icon-icon yang kebanyakan.

1. Memilih Aplikasi yang Sering Dipakai

Kita semua pasti ada beberapa software yang selalu dipakai setiap hari. Tidak masalah, kita cuma perlu menempatkannya di tempat lain. Sebagai contoh, ini ada aplikasi yang sering kamu pakai. Kamu tinggal klik kanan, terus pilih “Pin to start”. Nanti icon yang tadi kamu akan muncul di Start Menu.

Lakukanlah terus menerus hingga semua aplikasi yang ingin kamu akses dengan mudah muncul di Start. Tidak harus semuanya, pilih saja yang akan sering kamu pakai dan abaikan yang lainnya. Tentu saja kamu boleh tambahkan aplikasi yang tidak ada shortcut-nya di desktop. Jangan lupa untuk menambahkan Recycle Bin ke Start juga. Trust me, biar tidak ribet nantinya.

Selain “Pin to Start”, kamu juga bisa pilih “Pin to Taskbar” supaya kamu bisa langsung menjalankan aplikasi dengan cepat. Biasanya untuk aplikasi yang kamu selalu pakai seperti web browser, media player, atau apikasi pekerjaan.

2. Menata Aplikasi

Meski kedengaran melelahkan, tidak perlu khawatir. Sebenarnya sangat mudah, sederhana, dan ketika sudah beres, anda akan puas dengan hasilnya. Enaknya dari Windows 10 ini, aplikasi yang di-“Pin to Start” dapat kamu drag & drop sekaligus mengelompokan mereka sesuai keinginan kamu. Ketika kamu sudah mengelompokan lebih dari satu aplikasi, kamu tinggal hover di atasnya dan kamu bisa menamakan kelompok aplikasi tersebut. Setelah kamu sudah puas dengan penataannya, langkah ini sudah selesai.

3. Membereskan Desktop

Akhirnya, kita sampai ke langkah yang telah kita menantikan. Kita akan membersihkan desktop kita. Pertama kita membuat taskbar (bar yang di bawah itu) menghilang dan hanya muncul ketika kita hover mouse atau pencet tombol Windows di keyboard. Klik kanan di taskbar dan pilihlah Taskbar Settings.

Aturlah “Automatically hide the taskbar in desktop mode” ke posisi On dan “Lock the taskbar” ke Off. Nanti kamu akan menyadari taskbar sudah auto-hide.

Sekarang klik kanan di desktop, pilih view, dan pilihlah “Show desktop icons” untuk menghilangkan centangnya. Alhasil kita sudah berhasil membuat desktop kita bersih dari icon-icon shorcut.

Ok, sekian dulu Pemmz Tips & Trick kali ini, semoga bermanfaat 😉

Jangan lupa subscribe email kamu di box subscribe untuk tips & Trick yang lain.