Lenovo Menggoda Dengan Sebuah Smartphone “All Screen” (Lenovo Z5)

Lenovo Z5 no bezel 2018

Apple pernah mengatakan iPhone X-nya “All Screen,” tapi itu hanya jika Anda mengabaikan notch yang jelas sekali kelihatan. Jadi bagaimana dengan ini? Menggunakan sebuah sketsa, Vice President Lenovo Chang Cheng memamerkan sebuah smartphone yang nyaris semuanya berupa touchscreen tanpa mengikuti trend menempatkan notch. Gambar ini berupa smartphone flagship Lenovo berikutnya yaitu Lenovo Z5.

Kata Pak Chang Cheng di platform sosial media Tingkok bernama Weibo, Lenovo Z5 akan memiliki rasio layar sebesar 95% dan akan memiliki “4 terobosan teknologi” dari “18 teknologi yang dipatenkan.”

Mi Mix 2, misalnya, memiliki rasio layar-ke-tubuh 91,3 persen, yang merupakan salah satu yang terbaik di industri, tetapi masih memerlukan bingkai di sepanjang bagian bawah untuk menghosting kamera selfie yang menghadap ke depan ponsel. Konsep Apex Vivo menggunakan kamera selfie pop-up untuk membantu memangkas bezel, tetapi masih membutuhkan “dagu” serupa untuk menyembunyikan pengontrol tampilan OLED. Hanya Apple, sejauh ini, telah menemukan cara untuk menghindari dagu dengan melipat panel OLED kembali di bawahnya.

Beberapa teknologi lainnya telah diperkenalkan dalam beberapa tahun terakhir untuk memungkinkan apa yang disebut “tanpa bingkai” desain pada telepon modern. Sensor sidik jari in-display sekarang menjadi kenyataan, seperti sensor proximity ultrasound dan earpiece piezoelektrik seperti yang terlihat di Xiaomi Mi Mix pada tahun 2016.

Belum diketahui bagaimana Lenovo akan berurusan dengan kamera selfie dan speaker yang menghadap ke depan pada Lenovo Z5, tapi itu bisa ada hubungannya dengan terobosan teknologi yang ditunjukkan oleh Cheng.

Lenovo mengisyaratkan bahwa mereka mungkin telah memecahkan masalah tersebut dengan empat terobosan teknologi dan 18 paten, tetapi tidak mengungkapkan dan lebih detail. Juga tidak jelas apakah ini hanya konsep atau produk nyata, meskipun gambar render (di bawah) menunjukkan hasil akhir. Desainnya tentu saja mencolok, tetapi tetap harus dilihat jika konsumen akan berteriak-teriak untuk perangkat yang bebas bezel seperti yang dipikirkan oleh para perancang.

Lenovo Z5 indonesia

Lenovo mengatakan bahwa mereka akan merilis semua rincian tentang smartphone terbaru mereka ini pada 14 Juni.