Melihat, Menyunting, dan Menyingkirkan EXIF Foto

Kredit: Google Play

Pernahkah kamu mendengar istilah EXIF foto atau yang dalam bahasa kerennya disebut Exchangeable Image Format. Ini adalah istilah di mana seperangkat informasi tertempel di setiap foto yang kamu ambil menggunakan ponsel pintar maupun kamera.

Jadi ketika kamu mengambil foto menggunakan ponsel pintar, ia akan menyimpan segala macam informasi seperti kecepatan rana, data aperture, ISO, dan lokasi di mana foto diambil. Masalahnya lagi-lagi adalah privasi: informasi yang tersimpan di EXIF bisa saja menunjukkan alamat rumahmu. Memang kebanyakan media sosial seperti Twitter, Instagram, dan Facebook menyingkirkan data EXIF ketika foto diunggah ke atas platform mereka. Namun tidak begitu kasusnya ketika kamu membagi foto lewat Google Drive atau Dropbox. Karena itulah kamu bisa menyingkirkan informasi EXIF untuk melindungi privasimu.

Dan seperti biasa … begini caranya:

Kami mengasumsikan kamu mengambil foto menggunakan ponsel pintar Android – sesuatu yang umum dan bisa dilakukan siapa saja. Di sini kami memberi tips untuk pengguna Android yang ingin menyingkirkan EXIF di setiap foto yang diambil menggunakan ponsel pintar.

Langkah pertama adalah memeriksa data EXIF di setiap foto yang tersimpan di ponsel Android:

1. Bukalah aplikasi Google Photos di Androidmu. Undah dan pasang apps ini bila dibutuhkan.
2. Buka foto apapun menggunakan aplikasi tersebut, dan tap di bagian ikon ‘i‘.
3. Dari sana kamu bisa membaca EXIF data yang disimpan di dalam foto.

Untuk menyingkirkan data EXIF di fotomu, kamu membutuhkan aplikasi tambahan seperti EXIF Eraser. Yang perlu kamu lakukan adalah mengikuti langkah di bawah ini:

  1. Buka EXIF Erase
  2. Tap bagian Select Image and Remove EXIF
  3. Pilih foto dari penyimpanan internal pnsel. Aplikasi ini akan menunjukan semua data EXIF dan akan memberi tahumu bahwa ia akan menyingkirkannya. Kemudian tap bagian OK.

Lalu, data EXIF foto seperti lokasi pemotretan bisa dicegah supaya tidak muncul di setiap foto yang diambil, dan melakukannya tidak terlalu sulit. Yang perlu kamu lakukan adalah membuka aplikasi kamera di perangkat Android dan aturlah Settings dengan melakukan tap pada Gear icon. Opsi ini bervariasi di setiap ponsel berbasis Android, karena aplikasi kamera di setiap ponsel tidak seragam.

Setelahnya matikan opsi Store Location data untuk mencegah tersimpannya info geotagging foto. Sekali lagi, karena tidak ada standar aplikasi kamera Android, jadi kamu mesti mencari opsi yang mirip di ponselmu.