Cougar 550M Optical Gaming Mouse – Untuk Yang Gila Nembak

Sebelumnya, pemmzchannel sudah pernah mengulas produk dari Cougar yaitu headset Immersa. Nah kali ini, pemmzchannel kembali mau nge-review salah satu produk Cougar dari kategori Mouse, tepatnya Cougar 550M Optical Gaming Mouse. Ok, langsung aja. Kira-kira kayak apa gaming mouse Cougar 550M ini, yuk kita ulas aja gesh… !

Review Cougar 550M Gaming Mouse - DesignCougar 550M Optical Gaming Mouse ini memang bukan produk terbaru dari Cougar. Tetapi mouse ini menurut pemmchannel, masih sangat up to date, menjadi gear buat gaming kekinian. Dibekali dengan fitur yang menurut kami cukup melimpah, kualitas handling yang baik berkat grip yang sangat nyaman dan tentunya performa sensor optic yang mumpuni.

Review Cougar 550M Gaming Mouse Anti Slip FlanksHal yang paling kami sukai dari fitur-fitur yang ditawarkan, dan menjadikan Cougar 550M ini sebagai salah satu nominasi unggulan di range harga 500ribuan adalah, fitur Anti Slip Flanks, Trigger button, dan DPI LED. Fitur-fitur tersebut membuatnya menonjol selain spesifikasi yang ditawarkan, yang juga aduhai gesh. Tapi, sebelum bahas fitur-fitur di atas satu per satu, kita kupas dulu desain dan handlingnya, gesh.

Review Cougar 550M Gaming Mouse - Build QualitySelama 1 bulan menggunakan mouse ini, impresi yang pertama tersirat adalah “build quality” yang lebih baik dari beberapa kompetitor sekelas. Ya, build quality – nya yang sangat baik dan rapih, bahkan untuk sebuah merk yang kurang dikenal namanya di pasar gaming Indonesia. Cougar seperti ingin memberitahukan bahwa team mereka tidak main-main untuk masalah kualitas produk. Build quality yang disajikan oleh Cougar merupakan salah satu yang terbaik. Kami bisa yakinkan, bahwa build quality nya setara dengan merek merek lain yang lebih terkenal. Setiap bagian tombol dibuat dengan sangat baik, semuanya dipasang dengan baik tanpa adanya bagian yang miring, tidak sejajar, ataupun melenceng. Kabel dari Cougar 550M ini juga sudah dibalut dengan anyaman kain yang berkualitas dan colokan-nya telah dilapisi emas atau bahasa jawanya, gold plated.

  • Trigger button

Review Cougar 550M Gaming mouse - Trigger ButtonTerhitung, ada 6 buah tombol pada Cougar 550M layaknya mouse gaming pada umumnya. Klik kiri dan kanan, 2 buah thumb button, dpi button, dan scroll buton. Uniknya, pada mouse ini dpi buttonnya tidak ditekan kebawah seperti mouse kebanyakan, tapi di tekan kebelakang. Memberi fill, seolah anda menyentuh pelatuk pistol. Karena itulah, ia menggunakan istilah Trigger button. Pokoknya kaya trigger gitu deh. Feel menekannya sendiri enak banget gesh, tombolnya gak goyang goyang, terasa solid banget.

Review Cougar 550M Gaming Mouse - ExperienceUntuk tombol lainnya, mouse ini menggunakan switch dari omron dengan feel clicky yang empuk. Porsi tekanan antara klik kiri dan klik kanan juga tidak jauh berbeda, hanya sedikit (sedikittttt banget) lebih berat di klik kirinya. Tombol lainnya pun empuk, tapi tidak mudah tertekan. Jadi jangan khawatir kalau thumb button atau scroll buton nya kesenggol pada saat kalian main game. Dilihat dari dimensi body-nya yang berukuran panjang 5.31-inch, lebar 2.76-inch dan tinggi 1.77-inch, cocok untuk jenis-jenis tangan asia, termasuk saya. Bagi kamu yang telapak tangannya agak gede, harusnya masih nyaman juga kok digenggam. Sebab Cougar 550M Optical gaming mouse ini dibuat dengan ukuran yang tergolong panjang.

  • Anti Slip Flanks

Dibagian atasnya atau permukaan mouse ini dibuat dengan bahan yang solid dan berkualitas premium. Walau punya kontur permukaan yang slik, tapi finishing doff metalik membuat mouse ini tetap clean tanpa banyak cap tangan buat kamu yang telapak tangannya cepat berkeringat. Anti slip flanks, yang merupakan rubber-grip di sisi kiri kanan mouse, dibuat memanjang hingga ke bagian belakang. Membuat jembol, jari manis dan kelingking kamu bisa menggenggam erat Cougar 550M Optical mouse gaming ini.

Mouse ini datang dengan Software dari Cougar yang bernama Cougar UIX System. Sangat membantu untuk keperluan setting-setting, terutama membuat beberapa profile penggunaan. Tampilan softwarenya mudah dimengerti dan yang penting buat kami, gak banyak ditambah-tambah fitur yang use-less. Alakadarnya tapi fiturnya lengkap. Disini kalian bisa setting dpi, ada sniper setting juga seperti yang biasanya hanya ada pada mouse gaming high-end. Kegunaan fitur ini sendiri adalah, merubah dpi saat tombol sniper ditekan. Selebihnya seperti biasa ada polling rate yang bisa diatur dari 125hz sampai 1000hz, angle snapping yang bisa di matikan atau hidupkan, lift off distance dengan pilihan low-middle-high, double click speed untuk mengatur kecepatan register double click, scroll speed untuk mengatur kecepatan scroll wheel, dan windows pointer settings yang ternyata juga bisa diatur lewat software Cougar ini. Bahkan, kita juga bisa enable atau disable mouse acceleration nya.

Untuk kapasitas preset profile yang bisa di simpan, disediakan 3 pilihan sesuai dengan game yang dimainkan. Ketiga profile ini hanya bisa diakses melalui Cougar UIX System. Kita juga bisa mengubah fungsi setiap tombol yang ada di mouse. Untuk kebutuhan media, gonta-ganti profile, atau juga bisa buat macro. Semuanya bisa di set dengan mudah dan leluasa ke salah satu tombol di mouse ini. Yang terakhir, ada lightning control untuk mengatur lampu pada bagian belakang (palm) dan depan kiri (indikator dpi). Mode warna yang disajikan cukup bervariasi dengan warna RGB dan 3 buah mode (breathing, full, color changing).

  • Performance

Nah untuk performanya sendiri, bagaimana sih? Selama 1 bulan lebih, kami mencoba dengan beberapa game, seperti: CS:GO, Overwatch, Dota 2, dan StarCraft II. Buat FPS sendiri, akurasi sensor yang dihadirkan mouse ini dengan SDNS-3988 cukup baik. Swiping, flicking semua bisa dilakukan dengan baik. Sejauh ini sih belum ditemukan miss sedikitpun waktu nge-flick atau swipe jauh/lebar. Dengan lift off distance yang bisa diatur, cocok lah buat yang suka main dpi rendah maupun dpi tinggi. Dalam Dota 2 dan StarCraft II, mouse ini juga masih tergolong pas. Walaupun kedua game ini gak butuh akurasi tinggi. Tapi fitur yang ditawarkan seperti halnya macro, akan sangat membantu. Untuk Dota 2, thumb button nya bisa dipakai untuk item. Sedangkan di StarCraft II, dpi tinggi nya membantu saat main di resolusi tinggi. Khususnya saat manage building dan select army tanpa capek ngeswipe jauh jauh.

Kesimpulannya, dan fitur lain yang bisa kamu temukan pada mouse gaming Cougar 550M ini bisa kamu lihat pada video reviewnya di bawah ini.