Menghilangkan Iklan di Windows 10

Menghilangkan iklan di Windows 10

Kebanyakan orang mestinya setuju dengan fakta: Windows 10 adalah sistem operasi yang hadir dengan banyak fitur berguna untuk menopang kinerja harian. Meski begitu, beberapa pembaharuan termutakhir belakangan ini menampakkan jumlah iklan yang begitu mudah terlihat di menu dan layar desktop. Adakah cara untuk menghilangkan iklan di Windows 10 tanpa mengurangi kenyamanan bekerja?

Tentu saja ada. Iklan yang tersebar di banyak bagian Windows 10 membuat mereka tampil sebagai pengganggu tambahan, selain iklan yang sudah kita lihat melalui peramban. Bagi yang tidak merasa terganggu, iklan yang tampil bakalan dimaklumi, namun di sini kami ingin membagi cara menghilangkan iklan di tampilan Windows 10.

#1 Menghilangkan iklan di bagian notifikasi

Windows 10 Creators Update membawa banyak fitur bagus, namun di saat bersamaan menyusupkan lebih banyak sugesti kepada penggunanya. Beberapa jenis sugesti khusus bahkan sedikit “memaksa” pengguna untuk memasang fitur Windows 10 terbaru.

Untuk mematikannya, pengguna tinggal membuka menu Settings > System > Notifications, dan matikan opsi “show me the windows welcome experience after updates and occasionally when I sign in to highlight what’s new and suggested“.

#2 Menghilangkan iklan di bagian File Explorer

Iklan sekarang lebih mudah terlihat di File Explorer, terutama setelah pengguna memperbarui Windows 10 ke versi Creators Update. Terkadang pengguna akan melihat sebuah banner iklan di file explorer, yang mengeluarkan bujuk rayu tentang penggunaan OneDrive dan Office 365.

Menyingkirkan tipe iklan seperti ini mudah. Klik tab “View” di bagian paling atas dari jendela File Explorer, dan kemudian klik “Options”. Setelahnya klik pada tab “View” di bagian atas jendela yang muncul, gulir layar ke bawah sampai kamu menemukan advanced settings dan kemudian menemui pilihan “Show sync provider notifications“. Nonaktifkan pilihan ini, dan iklan di file explorer akan hilang setelahnya.

#3 Menghilangkan pop-up ads di taskbar

Biasanya jenis iklan seperti ini disebut “tips, tricks, and suggestions” yang dipersembahkan oleh Microsoft. Kebanyakan iklan macam ini mengarahkan pengguna untuk menggunakan aplikasi alternatif Microsoft. Dengan kata lain, pop-up ads akan muncul di bagian taskbar bila kamu menggunakan Chrome atau Firefox, misalnya, di mana Microsoft akan memberi sugesti supaya kamu memasang Microsoft Edge.

Untuk menghentikan iklan macam ini, buka Settings > System > Notifications & Actions, dan kemudian matikan opsi “Get tips, tricks, and suggestions as you use Windows.”

#4 Menghilangkan iklan di Start Menu

Sebagai upaya untuk menyamarkan iklan, Windows 10 biasanya memberikan saran dalam bentuk “Suggested apps” di bagian start menu. Iklan macam ini biasanya mengambil ruang di bagian tersebut, tanpa izin dari pengguna (ya iyalah, namanya juga iklan).

Untuk mematikannya, kamu bisa membuka Settings > Personalization > Start dan kemudian matikan opsi “Occasionally showing suggestions in Start”.

#5 Iklan di Lock Screen

Ada sebuah alat bernama Windows Spotlight yang akan memajang beberapa jenis gambar di lock screen. Kebanyakan gambar tersebut akan nongol sebagai wallpaper, namun terkadang iklan gim dan film juga bakal nongol di sana.

Untuk menonaktifkan Windows Spotlight dan menyingkirkan jenis iklan macam ini, buka Settings > Personalization > Lock Screen dan ubah pengaturan background ke opsi “Slideshow” atau “Picture”.

Begitulah beberapa cara mudah untuk menyingkirkan iklan yang kerap mengganggu ketika pengguna bermain-main dengan Windows 10 mereka. Pada dasarnya tidak semua orang suka iklan yang muncul tiba-tiba di manapun. Namun dengan sedikit trik dan kesabaran, menghilangkan iklan di Windows 10 menjadi pekerjaan yang mudah.