Penyuka Gim Klasik bisa Nyicip Game Boy di Ponsel Android

Game Boy Emulators (Kredit:

Game Boy Color dan Game Boy menjadi dua jenis konsol yang memulai kesenangan dunia gim. Dulu, dirilisnya kedua konsol tersebut menandai era di mana sebuah konsol gim menjadi sebuah benda yang muat dimasukkan ke dalam saku celana. Tentu saja sejak saat itu ada banyak konsol yang terus berevolusi dari tahun ke tahun, namun masih banyak pengguna yang cenderung menikmati segala sesuatu yang berbau klasik. Dan nyicip game boy klasik kini bisa dilakukan dengan mudah.

Nah, untuk perkara Game Boy, kami ingin mengajakmu untuk melirik beberapa opsi Game Boy Color emulators, Game Boy Advanced emulators, dan Game Boy emulators untuk ponsel Android. Tawaran ini rasanya cocok untuk mereka yang masih menggemari Game Boy dengan model visualisasi gim khas jaman dulu yang penuh gaya piksel – dan kebetulan mereka adalah pengguna ponsel berbasis Android.

Kalau kamu tertarik dengan Game Boy, inilah daftar emulator yang bisa diunduh melalui Google Play Store.

  • GBA.emu

Ini adalah salah satu emulator Game Boy yang diciptakan oleh Robert Broglia, dan pada dasarnya ditujukan untuk Game Boy Advanced. Karena itulah fiturnya jauh lebih kaya, termasuk cheat codes, hardware controller support, cheat code support, BIOS emulation, dan quick saves.

Kredit: Google

Jadilah emulator satu ini diciptakan khusus untuk pengguna tingkat lanjut dan kompatibel dengan kebanyakan ROM gim. Lalu, emulator satu ini bisa memainkan gim dengan lancar, serta memberi kesempatan bagi pengguna bila ingin menggunakannya di versi PC. Artinya: bila berminat, kamu bisa memainkan gim secara virtual di mana saja. Sayangnya, versi emulator satu ini tidak gratis, meski bisa diunduh melalui Google Play Store.

  • GemBoy

Ini adalah sebuah emulator yang relatif baru, namun sanggup memainkan gim-gim di Game Boy maupun Game Boy Color. Fiturnya pun cukup kaya, termasuk save dan load, serta fitur yang membantu pengguna menekan tombol A dan B, menjadikannya sebagai emulator yang mudah dioperasikan.

Kredit: WinUDF

Kabar baik lainnya, GemBoy adalah emulator sederhana dan ringan, jadinya tidak memakan banyak sumber daya smartphonemu. Opsi gratis maupun berbayar tersedia, dan bisa diunduh melalui Google Play Store.

  • My Boy

Ini adalah salah satu emulator Game Boy Advanced paling populer. Kompabilitas perangkatnya tinggi dan hadir dengan banyak fitur, termasuk dukungan link cable (melalui Bluetooth atau WiFi), kompabilitas gim yang tinggi, mode slow down dan fast forward, dukungan kontrol hardware, serta kode cheat.

Kredit: Google

Beberapa fitur lain seperti BIOS emulation dan OpenGL rendering juga tersedia. Jadinya aplikasi satu ini menawarkan pengalaman komplit dan tentu saja sangat impresif.

  • John GBC
Kredit: AppToko

Nama seperti John GBC adalah satu jenis emulator Game Boy Color dan Game Boy yang cukup populer. Fitur-fitur di dalamnya mendukung tombol turbo, game search, dukungan Drpbox, cheat codes, dan mode slow down dan fast forward. Emulator satu ini sangat bisa diandalkan, dan yang penting adalah: ia hadir tanpa iklan, meski kamu mesti membayar sejumlah uang untuk menikmati fiturnya secara penuh; atau, kamu juga bisa menikmati versi gratis dengan segala keterbatasannya.

  • Nostalgia.GBC

Ini adalah salah satu emulator Game Boy dan Game Boy Color yang paling baik, yang hadir dalam dua versi: berbayar dan gratis. Kedua versi menghadirkan fitur-fitur yang sama, termasuk fitur game rewind. Menarik, sebab kamu bisa mengulang sebuah segmen dalam gim apabila kamu gagal menyelesaikannya.

Android Authority

Versi gratisnya penuh dengan iklan, dan meminta pengguna untuk menghidupkan koneksi internet. Meski begitu, versi gratisnya tidak memborbardir pengguna dengan iklan, terutama ketika gim dimainkan.