Preview Thinkpad X1 Carbon (6th Gen 2018): Hadir dengan Sejumlah Peningkatan

Thinkpad X1 Carbon

Thinkpad X1 Carbon Generasi ke-6 (kredit: Lenovo)

Dibanding tahun lalu, Thinkpad X1 Carbon (2018) membawa serta sejumlah peningkatan penting. Pertama-tama, laptop satu ini kini membenamkan prosesor ULV (ultra Low Voltage) dengan empat inti. Kedua, layarnya kini bertipe WQHD HDR. Jadi, ada banyak harapan yang bisa disematkan oleh mereka yang mencari sebuah laptop yang tidak mementingkan estetika, namun lebih mengedepankan fungsi dan keamanan.

Tahun lalu Thinkpad Carbon X1 menerima desain ulang perangkat, dan hal ini berlanjut di generasi setelahnya yang dirilis tahun ini. Model 2018 menerima banyak hal, mulai dari prosesor Intel generasi ke-8, mechanical docking terbaru, dan pilihan layar layar WQHD dengan dukungan HDR dan tingkat kecerahan sampai 500 cd/m2. Kekurangannya hanyalah tampilan glossy finish di bagian layar, meski Lenovo kemudian menawarkan opsi matte untuk varian dengan layar WQHD dan FHD.

Spesifikasi

  • Processor: Intel Core i7-8250U
  • Pengolah grafis: Intel UDH Graphics 620
  • RAM: 18GB LPDDR3
  • Bentang layar: 14-inch 2560×1440 piksel
  • Penyimpanan SSD 512GB

*spesifikasi di atas mungkin berbeda di tiap distributor atau penjual.

Desain dan Layar

Konon katanya salah satu hal paling menarik dari Thinkpad X1 Carbon generasi terbaru adalah tipe layarnya yang kini memancang resolusi sebesar 2560×1440 piksel. Layar IPS itu mendukung penggunaan Dobly Vision HDR. Jadi pada dasarnya pengguna bisa mengharapan reproduksi warna yang manis, lengkap dengan tingkat kecerahan tinggi. Spesifikasi macam itu juga pada dasarnya membantu menaikkan keseluruhan kualiats gambar, sehingga apa yang dilihat oleh pengguna jauh lebih cerah dibanding sebelumnya.

Perlu diingat bahwa Lenovo menawarkan beragam variasi layar untuk mereka yang tertarik dengan X1 Carbon. Versi standar yang ditawarkan adalah layar matte dengan resolusi Full HD, dan tingkat kecerahan sebesar 300 cd/m2. Lalu ada versi layar FHD dengan tambahan fitur layar sentuh. Dan terakhir adalah panel layar WQHD dengan tingkat kecerahan yang sama.

Bagian trackpad dan keyboardnya sangat standar Lenovo, dalam arti keduanya sangat bagus dan bisa diandalkan. Untuk urusan port, Lenovo menghadirkan beragam port kekinian, seperti sepasang USB-C Thunderbolt 3 port, sepasangan USB-A port, audio jack dengan kombinasi headphone-mic, serta sebuah microSD card reader. Jadi bisa dibilang kelengkapannya terbilang komplit.

Hanya saja mungkin dari luar perangkat satu ini lebih terasa sebagai perangkat laptop yang ditujukan untuk profesional yang tidak mempermasalahkan apakah laptop yang mereka beli tergolong premium  dan tipis bentuknya. Jadi jelas, Thinkpad X1 Carbon (2018) adalah sebuah perangkat yang bukan ditujukan untuk orang yang haus tingkat eksklusifitas sebuah perangkat laptop.

Jeroan dan Performa

Di bagian dalam, Thinkpad X1 Carbon bisa dibilang lebih dari mampu, terutama bila kita spek yang diberikan oleh Lenovo. Laptop ini menggunakan prosesor Intel Core i5 atau i7 generasi ke-8. Beberapa orang mungkin memilih prosesor yang lebih tinggi speknya, namun pada dasarnya Core i5 sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan produktif.

Lalu ada pengolah grafus UHD Graphics 620 GPU, RAM yang bisa dinaikkan sampai 16GB, dan penyimpanan SSD yang diberikan sampai kapasitas 1TB. Dalam penggunaan normal, laptop ini bisa dipakai sampai sekitar tujuh jam, dan pengguna bisa mengisi baterai sampai 80 % hanya dalam waktu sejam setelah ia diisi.

Kesimpulannya, Lenovo Thinkpad X1 Carbon adalah sebuah pilihan bagus untuk profesional yang kreatif. Layarnya yang berkualitas jadi sebuah opsi menarik, meski harganya bakal sedikit memusingkan kepala. Di pasaran, laptop ini dihargai sebesar 1839 Euro, atau sekitar 30 jutaan rupiah.