Mengurangi Penggunaan Memori di Chrome

Mereduksi penggunaan memori di Chrome

Ketika menggunakan Google Chrome dan membuka banyak tab dalam satu kesempatan, komputermu mungkin akan melambat. Dan kamu bukan orang pertama yang mengalaminya. Peramban seperti Chrome memang dikenal memiliki reputasi sebagai peramban yang mengkonsumsi RAM dalam jumlah lebih banyak dibanding peramban lain.

Mungkin di titik itu kamu bertanya-tanya adakah cara untuk menggunakan Chrome tanpa mengkonsumsi lebih banyak memori? Tentu saja ada. Kamu hanya harus menggunakan beberapa macam ekstensi dengan bijak. Ekstensi bisa dibuka dengan cara mengetikkan tautan https://chrome.google.com/webstore.

  • Opsi #1: One Tab

Bukalah tautan di atas, dan cari sebuah ekstensi bernama One Tab. Cara kerjanya cukup sederhana. One Tab akan membuka semua tautan di Chrome dalam satu tab, dengan demikian memori perangkat bisa lebih dihemat hingga 90 %.

 

One Tab ChromeUnduhlah ekstensi One Tab dari Chrome Store dan tekan tombol funnel setelah ekstensi tersebut terunduh dan terpasang di aplikasi Chrome yang kamu gunakan. Setelahnya seluruh tab yang terbuka akan digulung ke dalam satu direktori tab. Di sanalah kamu bisa menempatkan sebuah tautan untuk dimasukkan ke dalam tab terpisah – opsi “click on a link”. Atau, kamu juga bisa melakukan klik pada opsi “click Restore All” untuk menempatkan semua tautan ke dalam satu tab.

  • Opsi $2: The Great Suspender

Ekstensi seperti Great Suspender menempatkan seluruh aplikasi di mode status, mematikan mereka untuk sementara ketika kamu tidak menggunakannya. Dengan satu klik, kamu bisa mengaktifkan mereka kembali dan mengalokasikan memori ke tab yang sedang digunakan.

Yang perlu dilakukan adalah mengunduh ekstensi Great Suspender dan kemudian menambahkannya sebagai bagian dari Chrome. Lalu klik bagian pengaturan atau settings, kemudian atur semuanya, termasuk berapa lama kamu mesti menunggu sebelum mematikan tab sementara. Kamu juga bisa memilih whitelist tabs dan apakah kamu ingin mematikan atau mengaktifkan tab yang sudah dipin.

Setelahnya simpan pengaturan dengan melakukan klik pada “save settings” di bagian pojok laman ekstensi. Kemudian klik kotak berwarna biru untuk mengaktifkan kembali tabs yang mati sementara. Setelahnya kamu bisa menggunakan tabs yang ada secara normal.

Pada dasarnya Great Suspender adalah sebuah ekstensi yang mengatur mana tabs yang sedang aktif, dan mana yang tidak. Penggunaannya terbilang merepotkan, meski kemudian kamu akan terbiasa setelah menggunakannya berkali-kali.

Mempertimbangkan Opsi Lain

Kebanyakan dari kita sudah tahu bahwa Chrome adalah tipe peramban yang lapar RAM. Bila dibandingkan dengan yang lain, Chrome memang dikenal sebagai pengguna RAM yang sangat besar, bahkan mungkin lebih besar. Misalkan kamu menggunakan Chrome untuk membuka laman Facebook, Youtube, situs berita Detik, Gmail, maka jumlah RAM yang dipakai oleh Chrome membengkak sampai 600 MB. Sementara Firefox, dalam kondisi yang sama, hanya menggunakan lebih dari 400 MB.

Selain memasang ekstensi yang tepat, kamu juga bisa membuang beberapa jenis ekstensi yang tidak terlalu berguna dan malah membuat Chrome semakin memakan RAM yang terpasang di dalam perangkatmu.

Lalu Cache Chrome juga bisa dihapus untuk memperbesar ruang yang tersisa di Chrome. Kalau cara ini dirasa tidak efektif, gunakanlah Task Manager bawaan Chrome yang bisa diaktifkan dengan menekan Shift + Esc.

Task Manager bawaan Chrome berfungsi sama seperti Task Manager Windows, jadi kamu bisa memilih tabs dan ekstensi macam apa yang mengonsumsi lebih banyak RAM dalam satu sesi penggunaan.

Atau kalau mau, jalan selalu tersedia untuk beralih ke peramban lain seperti Firefox.