Cara Melakukan Installasi Driver GPU yang Baik dan Benar | Instalasi driver...

Cara Melakukan Installasi Driver GPU yang Baik dan Benar | Instalasi driver VGA/GPU

88 661

OVERVIEW

“Bagaimana cara malakukan instalasi driver GPU pada Laptop gamers dengan baik dan benar?” Banyak sekali pertanyaan seperti ini pada user yang menggunakan Laptop/Desktop Gaming. Sebelum dibahas lebih lanjut, Permasalahan yang mendasar adalah apakah ‘driver‘ itu?

Driver adalah suatu program komputer yang dibuat agar Hardware dapat berkomunikasi secara high level dengan Operating system yang digunakan. Dengan kata lain, seperti Penerjemah agar antara Hardware dan software dapat berkomunikasi dengan baik. Jadi dalam hal ini Programmer dapat membuat program dengan bahasa High level sehingga hasilnya lebih dinamis dan mudah, itulah gambaran besar dari driver. Karena itu GPU gamers dapat berkomunikasi dengan operating system yang digunakan agar pemmZHolics dapat melakukan aktivitas berbasis GUI dan juga bermain games.

<

device driver

Jika pemmZHolics bertanya “saya sudah melakukan update driver, mengapa saya harus melakukan update baru ?”  Pertanyaan ini selalu ada pada setiap user awam, jawabannya memang tidak semua driver diperlukan untuk di-update setiap saat , namun pemmZHolics dianjurkan untuk mengupdate ke versi terbaru saat driver terbaru rilis karena biasanya driver terbaru berisi suatu Fix ataupun perbaikan dari setiap Bug/permasalahan pada saat hardware itu digunakan. Terkadang driver baru diperlukan ketika menggunakan Operating system terbaru, karena operating system baru menggunakan arsitektur baru.

Juga jika ada pertanyaan seperti, ” mengapa banyak sekali Gamers yang melakukan update driver GPU/VGA setiap driver terbaru rilis, apa guna dan keuntungannya ?” Ini adalah pertanyaan yang paling sesuai dengan artikel ini, Pada GPU (Graphic processing Unit ) peran driver sedikit berbeda dengan hardware lain pada umumnya. GPU yang digunakan sekarang bukan hanya untuk menampilkan gambar ke layar, namun untuk bermain Games 3D yang berat, karena GPU harus berinteraksi dengan berbagai Aplikasi (Games) yang sangat beragam. Game menggunakan API, engine game, dan fitur efek yang berbeda-beda setiap jenisnya, maka driver yang terus dupdate biasanya digunakan untuk meningkatkan peforma dan memperbaiki fix pada setiap Games yang dimaksud, sehingga jika gamers ingin memainkan Games terbaru dengan nyaman atau tanpa masalah, diusahakan selalu untuk melakukan update driver ke versi terbaru karena gamers akan mendapatkan optimal performance dalam bermain games.

Dan masalah lainnya yang terjadi adalah banyak sekali user yang mengalami masalah ketika melakukan update driver. Setelah  mengupdate driver ke versi terbaru banyak sekali gamers yang mengeluh bahwa laptop/Desktopnya mengalami masalah seperti, hang, stuttering , Glitch, dan peforma yang ditawarkan tidak sesuai dengan janji dari release note driver tersebut . Mengapa hal ini bisa terjadi ? bukannya kita hanya cukup melakukan update driver dengan cara mendownloadnya dan melakukan installasi seperti biasa ? Jawabannya iya dan tidak, Karena dalam setiap driver terdapat file-file yang diperlukan untuk optimalisasi games sehingga jika gamers melakukan update driver dengan cara menimpa driver yang lama, maka terdapat sisa-sisa file yang tidak terhapus atau tidak ter-overwrite dengan benar, sehingga terkadang bukan Performa dan stabilitas yang didapat namun sebaliknya, malah mengalami masalah yang tidak seharusnya terjadi.

Jadi Permasalahan yang terjadi dan Pertanyaannya adalah “Bagaimana cara melakukan installasi driver GPU yang baik dan benar ?

DRIVER GPU

GPU yang sedang menduduki posisi puncak saat ini adalah GPU dari AMD (ATI) dan Nvidia. baik AMD dan Nvidia saling berkompetisi untuk menjadi yang terbaik dengan pendekatannya yang berbeda satu sama lain. baik AMD dan Nvidia melakukan konsentrasi yang berbeda satu sama lain, jika Nvidia lebih konsentrasi pada CUDA GPGPU, Physx, 3D vission nya kalo dari AMD dia lebih kepada AMD PPU acceleration, AMD Eyefinity dan AMD vission. Masing-masing memiliki keunggulannya sendiri. untuk pemilihan antara AMD dan Nvidia banyak yang membuat gamers bingung, karena gamers menginginkan yang terbaik dari dua sisi tersebut. Namun perlu ditegaskan bahwa Setiap produk memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing, karena antara dua GPU ini masing-masing punya konsentrasi yang berbeda meski memiliki tujuan mereka sama yaitu agar Customernya dapat bermain game dan menjalankan aplikasi yang berhubungan dengan Grafis secara stabilitas dengan kualitas yang baik. Jadi karena tujuan mereka sama, berarti gamers juga sebagai Customer tidak perlu takut dalam memilih kedua produk ini yang merupakan produk yang hebat, gamers tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan.

Salah satu dari bentuk AMD dan Nvidia dalam memenuhi kebutuhan Customer akan produknya adalah dari “DRIVER”. Semenjak beberapa waktu yang lalu, driver dari masing-masing produk memiliki keunikannya sendiri. Namun dengan seiring perkembangan seri dan kelas produk yang semakin banyak, baik AMD dan Nvidia mendesign Driver yang bersifat “Unified driver”. Unified driver berarti satu driver dibuat untuk beberapa produk dari berbagai kelas. Unified driver ini didasari oleh arsitektur GPU terkini. Baik kelas high end sampai low end memiiki fitur yang sama karena berdasarkan dari satu arsitektur chipset yang sama, hanya saja dengan spesifikasi yang dikurangkan dari masing-masing kelasnya. Dengan adanya Unified driver ini developer tidak perlu lagi mendesign driver untuk masing-masing produknya, melainkan hanya perlu melakukan tweaking dan optimalisasi driver dari setiap rilisnya.

Untuk Pernyataan diatas unified driver tidak berlaku untuk semua GPU kelas mobile vendor seperti Alienware, Dell, Sony Vaio, Acer, dan beberapa produk dari asus. Baca untuk setiap Release note yang tersedia pada saat driver terdapat rilis baru. untuk beberapa vendor yang disebutkan sebaiknya lakukan update driver dari website vendor masing-masing, atau tunggu sampai Generic driver telah merilis driver baru yang memang disesuaikan untuk produk dengan vendor khusus, maka biasakan baca release note pada setiap driver rilis yang baru.

INSTALASI DRIVER GPU 

Pada dasarnya langkah-langkah instalasi GPU adalah sebagai berikut :

  1. Download driver baik AMD/Nvidia pada websitenya masing-masing
  2. Lakukan proses uninstall driver lama melalui add/remove program pada control panel
  3. restart PC gamers
  4. Lakukan instalasi driver terbaru gamers yang sebelumnya telah di download.
  5. Restart PC gamers
  6. Selesai
Kok Perfomancenya malah Drop !!!

Proses instalasi driver seperti yang disebutkan diatas masih berlaku sampai sekarang, namun cara ini meski pada dasarnya benar, namun tidak optimal. Karena beberapa User banyak yang malah mengeluhkan driver baru yang seharusnya baik namun malah membawa penurunan peforma sehingga pengalaman bermain game dan menggunakan aplikasi berbasis grafis terganggu. Mengapa hal itu dapat terjadi ? sebenarnya bukan salah daripada driver nya namun lebih kepada Operating systemnya yang secara tidak tuntas dalam menghapus bersih program dan driver yang telah diuninstall. Untuk itu Kami dari R&D Pemmz akan membantu gamers dalam Bagaimana melakukan installasi driver yang baik dan benar.

ini baru MANTAB Performancenya

Langkah-langkah melakukan Instalasi dan Update driver GPU yang Optimal adalah sebagai berikut :

  1. Download driver GPU baik AMD dan Nvidia terbaru pada link berikut : (NVIDIA, AMD )  (Jangan lupa sesuaikan dengan type dan kelas GPU-nya dan pilihan operating systemnya apakah 64 bit atau 32 bit)
  2. Download dan install Driver sweeper pada link berikut : driver sweeper  (aplikasi ini berguna untuk membersihkan secara total untuk segala sisa file driver yang tidak berhasil dibersihkan oleh operating system pada saat proses uninstalasi.
  3. Download install ccleaner freeware pada link berkut : ccleaner (aplikasi yang membantu untuk membersihkan registry dan sisa-sisa file pada driver yang telah diuninstall).
  4. Uninstall driver lama : (detail langkah Uninstall  ada pada bagian bawah ).
  5. Restart PC gamers.
  6. Masuk ke Safe mode dengan cara setelah restart dan sebelum masuk ke dalam Windows gamers harus memencet tombol F8 dan setelah muncul beberapa pilihan, pilih bagian safe mode. (detail pada bagian 6b.).
  7. pada mode Windows safe mode,  jalankan aplikasi driver sweeper, lalu pilih GPU gamers apakah AMD atau nvidia. setelah dipilih klik analyse dan setelah itu lakukan clean.
  8. Restart PC gamers.
  9. Jalankan aplikasi ccleaner, dari sebelah kiri pilih bagian registry, klik scan for issue, lalu pilih fix selective issue.
  10. Install driver GPU baru gamers.
  11. Restart PC gamers.
  12. Selesai.
Dari langkah diatas kita dapat membandingkan perbedaan antara clean install dan instalasi biasa, step ini berguna jika gamers ingin menginstall driver baru pada GPU karena langkah clean install ini untuk memastikan bahwa tidak ada file-file dari driver lama yang tersisa pada saat instalasi driver yang baru. hal ini baik berlaku untuk yang mau update maupun yang ingin downgrade ke driver sebelumnya (hal ini sering terjadi jika driver terbaru terdapat issue).

Detail langkah mulai dari step 4 dalam clean install driver GPU :

4.b. Detail dari step 4 pada uninstall driver GPU dibedakan antara AMD dan Nvidia :
AMD Catalyst :
  • Buka control panel –> pilih program and features –> pilih AMD/ATI Catalyst Install Manager –> pilih change

  • klik next seperti pada gambar dibawah ini

  • select express uninstall all ATI software
  • ikuti prosesnya sampai selesai

  • User account control akan meminta gamers untuk allow dari perintah eksekusi dari uninstall driver, maka proses uninstall akan dilakukan .

  • Setelah proses selesai maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini, gamers akan diminta restart, silahkan lakukan restart dan lanjutkan ke step 5.

Nvidia Forceware :

  • Buka control panel –> pilih program and features –> Nvidia Force (version) –> pilih Uninstall akan muncul gambar seperti dibawah ini

  • Setelah pemmZHolics pilih uninstall maka proses nya akan berjalan lalu akan diminta Restart

Proses Uninstall Nvidia driver lebih simple setelah ini silahkan pemmZHolics lanjut ke Step 5.

6b. Setelah proses Uninstall driver (baik AMD maupun Nvidia) selanjutnya masuk ke dalam safe mode.

  • Sebelum logo windows keluar tekan f8 terus-menerus sampai muncul seperti gambar dibawah ini:
safe mode windows 7
  • Setelah muncul seperti gambar diatas, pilih menu safe mode untuk memasuki mode safe mode.

7b. Pada saat anda sudah berhasil memasuki safe mode :

  • pada mode Windows safe mode, gamers jalankan aplikasi driver sweeper, lalu pilih GPU gamers, apakah AMD atau nvidia. setelah dipilih klik analyse dan setelah itu lakukan clean. seperti gambar dibawah ini :
Driver sweeper
Driver sweeper
  • Setelah gamers melakukan cleaning maka akan diminta restart, dan masuk ke dalam Windows normal mode.

9b. Setelah gamers berhasil masuk windows dengan normal anda akan mengalami gambarnya tidak proper dan tulisannya besar-besar ini wajar karena driver GPU berarti berhasil di uninstall sehingga anda tidak ada pada mode native Resolution.

  • Jalankan aplikasi ccleaner, dari sebelah kiri pilih bagian registry, klik scan for issue, lalu pilih fix selective issue (lakukan setidaknya 2 kali untuk memastikan kalo sudah benar-benar bersih, seperti pada gambar dibawah ini :
ccleaner
  • setelah anda sudah lakukan fix lanjut ke Step 10 yaitu installasi driver

10b. berikut step dalam instalasi driver AMD dan nvidia

AMD catalyst instalasi :

  • Jalankan Driver baru yang anda telah download, akan muncul seperti gambar dibawah ini:

  • klik pada tombol next
  • Anda akan ditampilan pilihan Express atau Custom ( untuk memastikan semua terinstal sebaiknya anda pilih express)

  • akan muncul tampilan end user license aggrement, anda cukup klik pada tombol accept .
  • Proses instalasi akan dilakukan seperti pada gambar dibawah ini :

  • Setelah proses instalasi selesai akan muncul gambar dibawah ini

  • Silahkan lakukan Restart system seperti yang diminta dan setelah restart gamers sudah berhasil dalam menjalankan update driver yang optimal.

Nvidia Forceware instalasi :

  • Jalankan driver Nvidia terbaru yang telah gamers install, maka akan muncul gambar seperti dibawah ini :

  • Pilih agree and continue maka akan muncul gambar seperti dibawah ini

  • Silahkan gamers pilih express ataupun Custom, dalam hal ini kita akan pilih express.
  • Setelah pilih express gamers tinggal klik next maka proses instalasi akan muncul seperti gambar dibawah ini.

  • Dalam tengah-tengah proses instalasi akan muncul UAC sebagai berikut

  • lalu gamers boleh centangkan “always trust software from Nvidia corporation” lalu tekan tombol install.
  • Setelah Proses instalasi selesai maka gamers akan jumpai gambar dibawah ini :

  • Pilih restart now, dan gamers telah berhasil melakukan instalasi driver Nvidia terbaru pada PC gamers.

KESIMPULAN

Langkah clean instalasi ini memang cara yang panjang namun sangat optimal dan dianjurkan jika gamers mau menghindari adanya masalah stabilitas dan performance issue pada suatu driver terbaru. terlebih lagi clean install ini sangat dianjurkan bagi gamers yang telah melakukan upgrade GPU, misalkan pindah dari Nvidia ke AMD ataupun sebaliknya maka Clean install ini sangat DIHARUSKAN. jika tidak maka akan menimbulkan masalah baru pada PC anda. Cara ini tercipta karena sampai sekarang Windows belum berhasil dalam melakukan pembersihan file ketika update driver, jadi kita sebagai Gamers harus bertahan dengan cara seperti ini. bagi gamers yang belum pernah melakukan clean install ini, gamers akan langsung merasakan perbedaan daripada gamers melakukan instalasi driver seperti biasa.

Sekian Guide dalam Cara melakukan instalasi driver dengan baik dan benar serta hasil yang optimal, semoga dapat bermanfaat bagi setiap Gamers yang menginginkan Optimal Performance setiap driver baru Rilis. Terima Kasih.

Rolly Edward

Follow us @pemmz, facebook, slideshare

88 COMMENTS

  1. ini gmn padahal uda di uninstal semua trus dihapus semua registry dari versi sebelumnya tp kok instalasi tetep gagal ya :'(

    • instalasi gagal, mungkin bukan disebabkan oleh GPU anda biosnya belum terupdate karena maksud dari vendor nya untuk tidak dapat di update dengan driver generic.

    • Driver untuk 7470, karena termasuk GPU seharusnya mendukung semua generic driver yang up date tiap bulannya, namun biasanya Vendor masing-masing juga menyediakan driver khusus, jika tidak support generic driver, silahkan lakukan cross check dengan Vendor GPU nya .

  2. Mas kalau VGA nvidia GT 620M 1GB bisa tidak mengikuti langkah ini soalnya saya menggunakan laptop dan saya menggunakan 2 vga intel hd 4000 sama nvidia

  3. gan kalo misalnya kagak usah di uninstall driver yang lama gimana?
    maksudnya langsung install driver yang baru gitu??
    apa ada masalah??

  4. Gan ane kan punya komputer nah VGA ANE Nvidia GT 440
    ane mau ganti ke GTX 675 ATAU KE GT 630 bisa gk gan nanti di screen resolution nya berubah gk ?
    perfroma nya nambah naik gk?
    sekian gan
    wassalam

    • Yap benar, apalagi saat ini ada apliaksi semacam geforce experience yang bikin update driver jauh lebih ringkas. Karena pada saat post ini naik, beulm ada aplikasi pendukung seperti itu.

  5. gan Geforece experience itu sudah langsung nginstallin vga ato tetap install endiri lagi.
    Apasih fungsinya.
    makasih gan.

    • Pada versi driver nvidia terbaru, saat kita download dari geforce.com, sudah termasuk Geforce Experience di dalamnya. Fungsi utama dari Geforce Experience sendiri adalah memberikan saran setting grafis terbaik secara otomatis untuk setiap game yang terinstal pada komputer kita. Software ini juga berfungsi mengingatkan kita jika terdapat update driver terbaru untuk VGA Nvidia yang kita pakai.

      Semoga membantu.
      Thx sudah mampir ke blog kita bro.

  6. Gan notebook ane Asus A46CM Core i5 win7 optimus dual VGA. Apakah bisa gan upgrade VGA Nvidia GT635M ane pke cara di atas?
    Ane main GTA 4 yg ke detect malah intel HD nya.
    Mohon sarannya ya Gan… ^_^

    • Maksudnya update drivernya kan?
      Untuk update driver, sekarang sudah bisa langsung. Maksudnya langsung, tinggal download versi terbaru dari Geforce.com, lalu jalankan file installernya. Tapi jangan lupa, pada pilihan mode installasi, pilih custom. lalu di bagian bawah, centang opsi Clean Installation. Selesai.

      Semoga membantu.

      • Agan tau gak klo main gta 4 di Asus A46CM itu knpa yg kedetect vga intel nya?
        ane udah instal ulang os dan driver vga nya msih gk mau jga, udah ane setting dari nvidia control panel msih gk mw jga.
        dri smua game yg gk kedetc cma GTA 4 doank.
        tlong donk solusinya…

  7. Gan ane udah instal ulang tapi kenapa waktu proses instal error. “Instal package failure!” Ini gimana gan. Tolong pencerahannya :(

      • Dell N4050 didukung oleh prosesor Intel Core i3-2310M atau Core i5-2410M dengan teknologi Turbo Increase. Selain itu juga terdapat chipset Intel HM 67, 4GB DDR3 RAM 1333MHz, hard drive SATA 500rpm hingga 500GB, grafis HD 3000 atau AMD Radeon HD 6470M dengan memori 1GB.

    • kalau dari intel gma 3000 mau di ganti ke amd atau nvidia geforce bisa gk ?,komputer saya windows xp sp3 32 bit,gpu:intel gma 3000,cpu:intel pentium d 3.40 ghz

  8. cara ini masih bisa dipakai ga? terhitung bulan februari 2014..
    soalnya kan sekarang driver nya makin baru, lalu apakah cara ini masih berfungsi?
    apakah driver sweeper nya harus di upgrade juga? soalnya kalau pakai yang lama takut driver yg baru mau di sweep takut ga ke detect.

    terima kasih :)

    • Mohon maaf ya bro agak lama,

      Untuk driver-driver baru tidak lagi memerlukan banyak tips di atas.
      Terutama Nvidia, anda tinggal pilih advance setup pada saat installasi driver, dan centang opsi “clean install” di bagian bawah.

      Sedang untuk AMD, sebaiknya tetap menggunakan cara di atas.

      Thanks

  9. Misi gan ane mau bertanya. Laptop ane misalnya intel hd, dan ane mau installin Nvidia Geforce ver. terbaru buat laptop ane.
    1. Apakah bisa terinstal dari intel hd ke nvidia geforce di laptop ane?
    2. Apakah laptop dapat berjalan optimal?
    *mhon bimbingannya

  10. Kalo mau update driver Intel HD 4600 gimana gan?
    Langsung lewat windows update ato musti uninstall versi sebelumnya dulu?
    Thanks!

  11. Gan, saya punya laptop qosmio x75-a7295.
    Apakah bisa diupgrade vga nya (newest gpu and bigger memory)?
    Dan kalau bisa, dpt brp duit buat ganti ke gpu yg paling baru?
    Dan klo pemmz melayani tt sih boleh juga. :D
    Thanks
    Safano

    • X75 menggunakan MXM 3.0b bro, secara teory bisa di upgrade GPU nya ke satu seri lebih tinggi yakni GTX780M. Namun tim kami sendiri belum pernah mengujinya.
      Untuk opsi TT part, silakan hubungi TS kita langsung di 021-32990032

      Thanks

      • Kalau prosesornya sendiri apakah bisa upgrade untuk x75 nya? Soalnya saya pakai program berat terus (hampir 10×6) jd klo bisa pngn upgrade..ThanksSafano From: Pemmz.com Online WorkshopSent: Monday, 14 April 2014 22:45To: my_safano@yahoo.deReply To: Pemmz.com Online WorkshopSubject: [New comment] Cara Melakukan Installasi Driver GPU yang Baik dan Benar | Instalasi driver VGA/GPU

        a:hover { color: red; } a { text-decoration: none; color: #0088cc; }

        a.primaryactionlink:link, a.primaryactionlink:visited { background-color: #2585B2; color: #fff; } a.primaryactionlink:hover, a.primaryactionlink:active { background-color: #11729E !important; color: #fff !important; }

        /* @media only screen and (max-device-width: 480px) { .post { min-width: 700px !important; } } */ WordPress.com

        rifanfernando commented: “X75 menggunakan MXM 3.0b bro, secara teory bisa di upgrade GPU nya ke satu seri lebih tinggi yakni GTX780M. Namun tim kami sendiri belum pernah mengujinya. Untuk opsi TT part, silakan hubungi TS kita langsung di 021-32990032

        Thanks”

        • CPU masih bisa up sampai core i7 Extreme ed 4930MX. Stok saat ini si masih belum tersedia, tapi mas bro bisa Indent jika benar-benar berminat. Lebih detail, sama. Silakan hubungi tim TS kami ya bro

          Thanks

        • versi brp GE nya bro? atau paket dengan driver versi brp?
          Sudah coba instal ulang driver nvidia nya?
          Jangan lupa, pilih opsi custom saat instal ulang driver, dan centah opsi “clean instal”

  12. mas brohh notebook saya asus x45u, saya mau tanya driver vga terbaru buat asus x45u apa yaa??

    soalnya sama coba liat oke amd driver autodetect graphic hardware E-series APU the best driver catalyst mobilty 64 bit.

    thanks

  13. gw udh install ati radeon nih, tp ko pas main PES 13, GPU nya masih “Intel(R) G41 Express Chipset” Padahal udh install dgn benar sesuai, ko gn? yg ngerti pencerahan nya ya gan, agak gaptek nih hehe

  14. gan kenapa ane tiap instal nvidia selalu gagal? pdahal dari cd drivenya, sebelumnya udah ada nvidianya tpi ke uninstall, mohon bantuannya gan

    • Hmm, ada keterangan khususnya saat installasi di laporkan gagal? Apa sudah sesuai jenis OS nya (32/64-bit).
      Mungkin bisa di infokan tipe notebooknya juga seri GPU geforcenya.

  15. gan..ini penjelasan updaye driver vga dan membersihkan driver vga lama utk windows 7 saja??yg windows xp gimana gan??ada perbedaannya gak??saya masih pke xp ..

  16. misi mas numpang nanya.. gni ni gwa punya latop toshiba satellite l840D …. pas pertama beli kan lengkap semua tuh driver… nah pas gwe install ulang pas nginstall ati radieon ama driver display nya error trus ( itupun udah nyari driver kemana ) pas gwe coba cara yang atas sama ajja .. bisa minta tolong pencerahannya..

  17. mas mau tanya kan pas ane intall nvidia di laptop ane pke win8 64 bit lgi proses install tiba2 berenti trus nge restart sendiri ad tulisan eror juga ane coba ulang intall tetep bgitu kira2 itu knapa ya

  18. emang kalau komp yang gpunya misalnya intel hd kalau udah uninstall trus instal yang baru misalnya nvidia nnti akan berubah gitu jadi mvidia ???

  19. vga ane seri X1650 jadul bro apa bisa diupdate ke seri terbaru bro
    pas ane klik web amd bro update terakhir tuk seri vga tipe Xseries tahun 2010 bro gk ad lanjutannya bro wkwkk…
    pertanyaan ane apa bisa install update pake serie diatasnya yg masih update sampe saat ini intsall pake series R290 ato seri yg lainnya yg masih uptodate hingga kini

  20. gan laptop ane vganya nvidia geforce 720m, waktu belum di update driver lancar lancar aja buat main pes13 settingannya pun bisa high, tapi waktu habis update driver nvidia, kok gpunya yang ke detect cuman intel hd family n settinganya cuman bisa low, sudah saya otak atik d nvidia control panel tetp aja, itu kenapa ya gan? apa harus di downgrade lagi aja ya ke versi bawaannya waktu barru beli dulu?
    saya bigung ni gan, mohon bantuannya

    • mungkin lebih baik di kembalikan ke versi driver sebelumnya bro.
      Hal ini sering terjadi memang, isu nya datang dari nvidia Optimus yang tidak kompatibel dengan engine PES13

      • oya gan, kan di nvidia control panel, ada phsyx configuration, nah disitukan ada kolom geforce ama intel, nah kolom geforce ane kosong, gk ada icon kaya usb gitu, adanya cuman di kolom intel hd doang? itu kenapa ya gan, ? kalo saya pikir gara gara itu GPU nvidia nya gk kepake biar pun udah di setting gimanapun ,? itu gimana solusinya ya gan? ane pusing, udah saya downgrade, di oprek oprek tetep aja gk berubah? makasih sebelumnya gan

  21. Gan… saya mau instal nvidia kok malah gini this graphics driver could not find compatible hardwere?? Apa solusinya?? :(

  22. kalo kya gni bsa ga ganti driver

    Name: Intel(R)HD Graphics
    Manufacturer: Intel Corporation
    Chip: Intel(R)HD Graphics Family
    Bisa ga tuh d ganti jadi Nvidia/AMD :D saya lg pngen belajar tentang ini :D

  23. gini nih gan VGA ane kan nuub nih :v bisa dibilang cemen sih :v Intel(R) G41 Express Chipset soalnya gk bisa maen game berat , ane sih pengen nya maen minecraft :v nah gan ane mau tanya kalo VGA Intel(R) G41 Express Chipset cocok di upgrade ke VGA apa ya gan supaya bisa maen minecraft ?

  24. assalamu’alaikum
    misi gan mau tanya
    spec laptop ane :
    AMD E1-2500 APU WITH RADEON (TM) HD GRAPHICS (2 CPUS ) (1,4GHZ)
    minta tolong gan di cek in driver yg cocok :) soalnya baru pemula, saya cek control panel uninstall program ,grapichnya pake intell malah jd bingun ni gan .

  25. Ingin bertanya ni.
    punya saya ketika saya pasang VGA Ati Radeon Saya ketika masuk window bisa. tetapi blum terinstal drivernya.

    ketika saya instal Ati Radeonnya Pake Driver AtTI Radeon Bawaannya, Nah saya restart tuh komputernya.
    ketika proses menuju window, malah layar gelap dan hanya terdebngar suara pas ketika window pertama kali terbuka.

    bagaimana solusinya agar bisa masuk ke window.

  26. Gan laptop ane acer 4745g ati radeon 5470 512 mb windows 8.1 64 bit. Ane baru install jadi win 8.1 trus ane mau install driver catalyst pas ane install dapet pesan “install package failure” jadi gagal gan installny.a. gimana ya gan?? Mohon pencerahanya gan :))

  27. Mas kenapa ya laptop 4745g ane. kalo ane mau ngeswitch vganya jadi Yg Ati radeon hd 5470 512 mb layarnya malah mati tapi laptopnya masih hidup. Gimana ya gann??

  28. Setelah instal driver ATI catalyst tampilannya masih native resolution gan.. Laptop saya ASUS eee pc 1215b.. mohon bantuannya..

Leave a Reply